Minggu, 02 November 2008

Kloning Hardisk, CD dan DVD hanya 10 Menit (untuk 40 komputer)

Bagi rekan-rekan yang pekerjaan hariannya mengkloning Hardisk, CD atau DVD, mungkin sering menemui masalah dengan kecepatan kloning yang sangat lambat. Apalagi jika anda bekerja di Lab. Komputer misalnya, tentu saja pekerjaan kloning atau penggandaan Hardisk menjadi sangat melelahkan.

Tapi tidak perlu khawatir, sekarang sudah ada sebuah program yang sifatnya open source. Namanya CloneZilla. Software ini punya keunggulan yakni bisa mengkloning dalam waktu yang sangat cepat. Untuk mengkloning 41 unit sistem komputer hanya butuh waktu 10 menit saja. Percaya apa tidak, silahkan dicoba saja.

Berikut ini ulasan dari web aslinya di http://clonezilla.org/

Apakah Clonezilla? clonezilla logo

Anda mungkin akrab dengan paket komersial populer milik Norton Ghost ®, dan opensource pendamping, Partition Image. Masalahberkaitan dengan paket perangkat lunak yang satu ini yaitu memakan banyak waktu untuk mengkloning sistem secara massal untuk banyak komputer. Anda mungkin juga telah mendengar dari solusi Symantec's untuk masalah ini, Symantec Ghost Corporate Edition ® dengan multicasting. Well, now there is an solution called Clonezilla with unicasting and multicasting! Baik, sekarang ada sebuah solusi sistem OpenSource clone system (OCS) Clonezilla disebut dengan unicasting dan multicasting!

Clonezilla, berdasarkan DRBL, Partisi Gambar, ntfsclone, partclone, dan udpcast, memungkinkan Anda untuk melakukan gundul cadangan logam dan pemulihan. Two types of Clonezilla are available, Clonezilla live and Clonezilla SE (server edition) . Dua jenis Clonezilla tersedia, tinggal Clonezilla dan Clonezilla SE (server edition). Clonezilla live cocok untuk satu mesin cadangan dan memulihkan. Sementara Clonezilla SE adalah untuk penyebaran besar-besaran, ia dapat mengkloning banyak (40 lebih!) Komputer secara bersamaan. Clonezilla menyimpan dan mengembalikan blok hanya digunakan di harddisk. Clone ini akan meningkatkan efisiensi. Pada NCHC's Kelas C, SE Clonezilla digunakan untuk clone 41 komputer secara simultan. Hal itu hanya sekitar 10 menit untuk mengkloning 5,6 GBytes sistem untuk 41 komputer melalui multicasting!

Features of Clonezilla Fitur Clonezilla

  • Free (GPL) Software.
  • Filesystem supported: ext2, ext3, reiserfs, xfs, jfs of GNU/Linux, FAT, NTFS of MS Windows, and HFS+ of Mac OS (testing feature provided by partclone ).Therefore you can clone GNU/Linux, MS windows and Intel-based Mac OS. Oleh karena itu Anda dapat klon GNU / Linux, MS Windows berbasis Intel dan Mac OS. For these file systems, only used blocks in partition are saved and restored. For unsupported file system, sector-to-sector copy is done by dd in Clonezilla.
  • LVM2 (LVM version 1 is not) under GNU/Linux is supported.
  • Multicast is supported in Clonezilla SE, which is suitable for massively clone.. You can also remotely use it to save or restore a bunch of computers if PXE and Wake-on-LAN are supported in your clients.
  • Based on Partimage , ntfsclone , partclone , and dd to clone partition. However, clonezilla, containing some other programs, can save and restore not only partitions, but also a whole disk.
  • By using another free software drbl-winroll , which is also developed by us, the hostname, group, and SID of cloned MS windows machine can be automatically changed.

Clonezilla yang mana harus saya gunakan?

Sumber: http://clonezilla.org/

Tidak ada komentar: